Buapti Kabupaten Yahukimo Melantik 518 Kepala Kampung

  • Whatsapp

 

 

YAHUKIMO,Nokenwene.com – Sebanyak 518 Kepala Kampung dilantik oleh Bupati Kabupaten Yahukimo Abock Busup M.A. Pelantikan dilaksanakn pada hari selasa 26/04/2018 bertempat di aula kediaman Bupati Kabupaten Yahukimo.

Dalam pelantikan tersebut SK Bupati yang dibacakan langsung oleh Yosep Payage ada beberapa poin peting yang dibaca yaitu pembayaran honor,masa jabatan kepala kampung berakhir pada tanggal 31 april 2021,pengangkatan 51 kepala distrik di pemerintahan kabupaten yahukimo periode 2015-2021 dinyatakan tidak berlaku, dan dilanjutkan dengan pembacaan SK Badan Permusyawaratan Kampung BAMUSKAM .

Dalam pembacaan SK BAMUSKAM ada beberapa poin yang dibaca juga yaitu Peresmian anggota BMUSKAM, setiap anggota BAMUSKAM akan diberikan honor setiap bulan, masa jabatan anggota BAMUSKAM selama enam tahun terhitung dari tahun yang ditetapkan.

Dalam Sambutanya Abock mengatakan bahwa,dalam rangka pelantikan 518 Kepala Kampung dan 517 Ketua BAMUSKAM ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan bahwa pelaksanaan pemerintahan di kampung berjalan dengan sesuai aturan dan perundang-undangan yang ada.

“ Saya sampaikan kepada Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian bahwa tolong jalankan pelaksanaan pemerintahan dikampung dengan baik dan jalankan sesuai dengan aturan yang ada,karena kami sudah bentuk seluruh perangkat kampung ”. Kata Busup

Dalam pelantikan itu Abock juga memberikan uang sebesar 40 juta rupiah per kepala kampung. Kata Abock,uang ini di gunakan unntuk membuka rekening masing-masing desa dan mengukur pakaian dinas para kepala kampung yang baru dilantik.

“ Uang ini khusus untuk membuka nomor rekening baru masing-masing desa dan mengukur pakaian dinas baru, karena dana desa yang akan diturunkan besok itu melalui nomor rekening yang urus pake uang ini”. Ungkapnya

Abock berharap uang yang di berikan ini digunakan dengan baik, supaya dana dana besar yang akan turun juga bisa digunakan dengan baik.

“ Uang ini tolong gunakan dengan baik,jangan pake uang ini ke jayapura,ke wamena,dan ke jakarta, karena uang ini bukan untuk uang berfoya-foya.”. lanjutnya

Disamping itu disela-sela pelantikan Abock mengatakan, pelantikan para kepala kampung ini cukup lama karena ada benahi dalam sistim kampung karena Pemerintah Daerah ingin supaya pembangunan di kampung itu harus ada perkembangan kareana ada tujuan anggaran dari APBN sebanyak 350 miliar, Pemerintah Provinsi Papua 60 miliar, Pemerintah Kabupaten Yahukimo 80 miliar.

“ Dari Tahun 2014 sampai dengan 2017 anggaran yang sudah dianggarkan oleh APBN adalah 818 miliar namun ketika kunjungan saya ke masing-masing kampung tidak ada realisasi di kampung”. Kata Busup

Dalamsetiap kunjungan ke Distrik-distrik, kampung-kampung Abock menambahkan bahwa setelah Pemerintah Daerah mempelajari letak daripada kesalahanya adalah belum ada insprastruktur.

“ Setelah kami pelajari ternyata belum ada inprastruktur dan oleh sebab itu kami pemerintah daerah buatkan perangkat kapung terdiri dari 12 orang, Kepala kampung,sekretaris yang bukan PNS, Ketua BAMUSKAM, 2 anggota sekretaris.dan tiga orang kepala seksi semuanya 12 orang. Dan kalau dikalikan, 518 kampung dikalikan dengan 12 jumlah perangkat kampung yang kami ambil Tahun ini adalah sebanyak 6.240 orang”. Lanjut Busup
Pewarta : Ruland Kabak / JW Yahukimo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar

  1. Thank you, I’ve just been searching for info approximately this subject for a while and yours is the greatest I’ve found out till now. But, what concerning the conclusion? Are you positive about the source?