Forum Perempuan Yahukimo Dorong Kesetaraan Gender

  • Whatsapp

Dekai, nokenwene.com Bupati Kabupaten Yahukimo, Abock Busup secara resmi melantik Pengurus Forum Peduli Perempuan Kabupaten Yahukimo Rabu (30/10/2019 di Aula kediaman Bupati kabupaten Yahukimo.


Bupati Abok Busup menjelaskan pelantikan itu sesuai mekanisme berdasarkan Surat Keputusa (SK) sehingga forum peduli perempuan kabupaten Yahukimo bekerja untuk mencapai kesetaraan gender di Kabupaten ini.

Abock menambahkan bahwa pemerintahan yang ia pimpin berjuang untuk membangun kesetaraan gender itu dan memberi kesempatan kepada perempuan untuk memimpin OPD di Kabupaten Yahukimo.


“Yahukimo juga bisa mengutus wakil perempuan yang ada di sini ke provinsi atau pusat. Ketika menempatkan orang di jabatan tertentu, kami dua tidak membedakan antara perempuan dan laki-laki tetapi nilai manusianya sama di mata Tuhan baik perempuan atau laki-laki karena itu kami melihat kemampuannya,” ungkap Abock


Namun Bupati Abock menyadari bahwa hanya sedikit perempuan yang berpartsipasi dalam dunia politik seperti Pileg atau pilkada. Dirinya menyadari itu karena banyak orang memandangi perempuan sebagai pelengkap di rumah dan tugasnya hanya mengurus rumah tangga saja. Padahal perempuan asli yahukimo kini tidak kalah dengan perempuan lain di daerah lain karena banyak yang telah meraih gelar sarjana.

“Dalam dunia politik perempuan sangat minim dan jarang karena orang memandangi perempua sebagai pelengkap rumah itu yang membuat perempuan seperti itu, jadi ke depan melalui forum ini kami akan fasilitasi agar perempuan menyiapkan diri. Pemda akan memfasilitasinya melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB,” tambah Bupati


Sementara itu perwakilan MRP Sara Wakla menambahkan dirinya bersyukur karena selama kurang lebih 15 tahun lamanya forum menunggu persetujuan Pemerintah atau pelantikan tetapi selama itu nasip perempuan di Yahukimo itu tidak diperhatikan. Tetapi kali ini bisa dilantik secara resmi. Dirinya bangga dan siap untuk terus mendukung forum ini.


Hal Yang sama diungkapkan Ervina Suhun Ketua Forum yang baru dilantik. Ia mengatakan dirinya bersyukur karena bupati bisa lantik mereka tetapi dia juga mengajak kepada semua perempuan yang ada di kabupaten Yahukimo untuk mendukung program kerja ke depan dan dalam waktu dekat dirinya menargetkan melengkapi komposisi kepengurusan serta menyusun program kerja pada forum itu.

“Kami berterima kasih kepada bupati Yahukimo. Saya mengajak semua perempuan di kabupaten Yahukimo untuk bekerjasama mendukung program kerja forum ini,” jelas Ervina Suhun.

Pewarta : Gerson Miram (JW Sagu Yahukimo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.