Pemerintah Provinsi Papua diminta Tingkatkan Kirim Mahasiswa keluar Negeri

  • Whatsapp

Natan Sonyap Mahasiswa Magister di Waikato University, Hamilton, New Zealand (kiri)

Dekai, nokenwene.com – Mahasiswa Papua mengharapkan agar Pemerintah Provinsi Papua lebih meningkatkan pengiriman Mahasiswa Papua ke luar negeri, terutama pada program yang sudah ada Magister dan Doktor untuk ke Luar Negeri.

Harapan itu disampaikkan oleh Natan Sunyap,  yang kini melanjutkan pendidikan magister (S2) di The University of Waikato, Hamilton, New Zealand, melalui pesan Messenger ke media nokenwene.com selasa, 04/06 2019.

“jika ada pernyataan bahwa Pengiriman mahasiswa Papua ke Luar Negeri yang hanya focus pada S2 dan S3 itu benar tapi S1 juga penting tapi jumlahnya harus sama” kata Natan.

Program Pemerintah Provinsi Papua dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) mendapatkan apresiasi oleh mahasiswa Papua,namun, mahasiswa meminta agar jumlah pengiriman ditingkatkan pada program magister dan doktor.

“Kami mengharapkan Pemerintah Provinsi Papua untuk tingkatkan jumlah dan fokus pada program yang ada” ucap Natan.

Menurut Natan Sunyap, yang merupakan mahasiswa Master Management Studies (M.MS) majoring on Tourism Management itu program pengiriman mahasiswa ke luar Negeri tidak hanya dilihat dari satu atau dua aspek, tapi perlu melihat secara menyeluruh aspek kualitas pendidikan di Luar Negeri.

“saya rasa kita tidak bisa hanya tinjau dari satu dua aspect saja, perlu dilihat secara menyeluruh kualitas pendidikan dan lain-lain di Luar Negeri” lanjut Sunyap.

Mengirim mahasiswa kel luar Negeri seperti New Zeland dan negara-negara lain yang saat ini ada mahasiswa Papua sangat penting untuk menjawab tantangan global. Pemerintah Provinsi Papua sudah mengambil langkah yang tepat untuk mengirim mahasiswa ke luar negeri.

“Karena ini investasi Sumber Daya Manusia Papua yang mampu mengimbangi dinamika modern dalam rangka membangun bangsa ini sejajar dengan bangsa-bangsa lain” ujarnya

Namun kata Dia,  perlu tingkatkan dan fokus pada program magister dan doktor.

“lebih baik Pemerintah Provinsi Papua tingkatkan dan fokuskan program magister dan doktor. Sarjana strata satu juga ada, tapi lebih baik kirim tingkatan yang atas” pintah Natan.

Natan menambahkan, prinsipnya mereka sangat mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi program pengiriman mahasiswa ke Luar Negeri oleh Pemerintah Provinsi Papua, termasuk di Australia dan New Zeland merupakan negara yang mahasiswa Papua banyak.

“Karena untuk membangun Papua sejajar dengan bangsa lain, Sumber Daya Manusia (SDM) sangat dibutuhkan sebagai fondasi sebuah bangsa yang besar” katanya

“Kami sangat mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas program pengiriman mahasiswa ke Luar Negeri oleh Pemprov Papua ini” ucap Natan yang juga merupakan Alumni Universitas Satria Makassar Jurusan Bahasa dan Sastra itu.

Penulis: Panuel Maling (JW) Nokenwene.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.