Calo bermain, Harga Tiket Penumpang Hercules Milik TNI Melambung

  • Whatsapp
Penumpang pesawat Hercules di Bandara Wamena / nokenwene.com
Penumpang pesawat Hercules di Bandara Wamena / nokenwene.com

Wamena, – nokenwene.com – Harga tiket pesawat penumpang Wamena – Jayapura yang biasanya berkisar rp, 500 ribu – 600 ribu, kini melonjak dua hingga tiga kali lipat dari harga normal ditangan para calo tiket di bandara Wamena, calo menjualnya 1 juta lima ratus hingga 2 juta rupiah .

Para calon penumpag tujuan Jayapura pun memili Hercules milik TNI AU sebagai alterantif untuk berpergian keluar kota Wamena yang harganya relative lebih mura meskipun dijual oleh calo juga.

“saya ingin mengantar istri saya yang sakit, karena di Wamena belum bisa menangani penyakit istri saya tapi sulit dapat tiket pesawat biasa (pesawat penumpang)” Ujar Yakub, salah seorang calon penumpang pesawat Hercules, di bandara Wamena, 26/05/18, sembari memberi alasan mengapa Ia memili pesawat Hercules

Kata dia, jika hendak membeli tiket pesawat penumpang dengan harga normal, bisa di dapatkan untuk keberangkatan satu minggu kemudian, sementara tujuan keberangkatannya sangat mendesak. Istrinya harus berobat.

“tiket pesawat biasa, itupun jika kita mau beli harga normal di travel tersedia satu minggu kemudian tapi jika mau beli di calo harganya satu juta lima ratus sampai dua jutaan, terpaksa saya beli tiket Hercules yang penting bisa sampai tujuan” tambah Yakub

Hercules milik TNI AU yang juga biasanya mengangkut penumpang ini menjadi pilihan alternative para calon penumpang, namun pembelian tiketnya tidak terlepas dari permainan calo. harga normal tiket Hercules rp, 500 ribu melonjak 700 ribu hingga 1 juta jika suda di calo

“harga normal (tiket Hercules) 500 (ribu rupiah) tapi harga calo 700 – 800 (ribu rupiah), bisa 1 juta kalo langsung berangkat. Yang normal itu kita kumpul KTP dulu tapi diluar-luar juga ada.  Kalo an (saya) beli 800 (ribu rupiah) ” ujar seorang penumpang lainnya yang berangkat menggunakan Hercules pada 25/05/18.

Kelangkaan tiket pesawat di wamena ini terjadi sejak awal april lalu ketika pesawat Boeing milik maskapai Trigana Air yang selama ini melayani penumpang dari Wamena ke Jayapura, diganti dengan pesawat ATR 72-300. Perubahan layanan itu sebagai solusi perawatan atau maintenance pesawat Boeing seri 400 di Surabaya.

Selain itu, kelangkaan ini juga merupakan masalah klasic di Wamena Kabupaten Jayawijaya, ketika tiba bulan puasa ataupun Natal di bulen Desember.

Menyikapi hal ini, pada 22 mei lalu DPRD dan Pemda Jayawijaya menyatakan akan kerja sama dengan tim Saber Pungli Jayawijaya dan memanggil pihak aviasi namun sampai saat ini tiket masih langkah dan para calo tetap bermain dibalik kelangkaan tiket

Pewarta: Ronny/ JW Wamena

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar